Tutorial Remastering Windows XP


Yap, karena saya kira tutorial yang dulu udah BASI / Kebanyakan saya buat lagi yang baru. Saya akan menjelaskan tutorial remastering Windows XP, remastering ini bertujuan untuk memodifikasi Windows XP asli menjadi sebuah Windows XP versi kita sendiri yang dapat dijadikan ISO sehingga pengguna lain dapat menginstall Windows XP yang sudah dipermak sebelumnya...


Sebelum memulai, sebaiknya kita sediakan tools terlebih dahulu:




Tools :


1. CD Master Windows XP (terserah mau yang mana)
2. Resource Hacker (untuk MEMBAJAK file .exe .dll & sejenis nya lah)
3. nLite
4. WINTBBU
5. notepad bawa'an windows (hehehe)
6. dari folder I386
    - LOGONUI.EX_ (mengganti gambar Log On pada windows xD)
    - WINNTBBU.DLL (mengganti text dan gambar waktu instalasi)
7. Windows Unantented CD Creator (WUCD)


Langsung saja cara nya..


1.      Memodifikasi Screen pada saat installer berlangsung,sebelumnya ada beberapa yang anda perlu siapkan yaitu copykan cd Xp2 ke drive D atau dimana tempat yang anda ingin kan untuk menyimpan copyan cd tadisetelah itu buka aplikasi  WINTBBU  akan muncul tampilan seperti di bawah ini 










Anda dapat  mulai berkreasi dengan terlebih dahulu dengan membuka file WINNTBBU.DLLyang berada di folder i386 pada copyan installer yang telah anda copykan ke hardisk tadi.. Lalu klik Edit, (disini saya akan biarkan anda rekreasi sendiri xD)
- Font   = Mengganti Tulisan
- Color = Mengganti Warna
- Pictures = Mengganti Gambar

Bila sudah selesai simpan langsung, lalu copy kan ke folder I386 windowsnya

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau saya edit gambar nya pakai Resource Hacker (hehehe, sama aja).. Klo mau pakai Resource Hacker, Ganti gambar :
- Open Resource Hacker : Open WINNTBBU.DLL .. Lalu klik Bitmap, Folder 103 lalu klik lagi yang 103.. Lalu Klik Action, Replace Bitmap, pilih gambar yang anda inginkan..(GAMBAR HARUS BERFORMAT .bmp)..
- Selesai? Bila sudah selesai simpan langsung, lalu copy kan ke folder I386 windowsnya (replace aja)

Hasil nya Saya (hehhe) : 




Lalu ganti Log On Screen


- LOGONUI.EX_ = cara nya, copas file LOGONUI.EX_ dri folder I386 ke folder lain.. Lalu tulis tulisan ini di notepad = expand LOGONUI.EX_ LOGONUI.DLL   .lalu save di folder yang sama, FORMAT FILE PILIH SAVE ALL FILES, lalu NAME DITULIS : ubah.bat ... Lalu muncul file baru bernama LOGONUI.DLL.., buka lewat Resource Hacker. Pilih Bitmap -> 100 -> 1033 -> Action -> Replace Bitmap -> Pilih Gambar (format .bmp/bitmap) -> Selesai? simpan langsung. Lalu kita kembalikan ke FILE .EX_ seperti semula. Caranya tulis aja gini : makecab LOGONUI.DLL LOGONUI.EX_ .Bila sudah selesai pasti keluar file baru nama nya LOGONUI.EX_, lalu copy kan ke folder I386 windowsnya (replace aja ^_^ )


3. Modifikasi Default Wallpaper

umumnya pengguna windows xp , selalu menjumpai gambar bliss ini sebagai default walpaper yang digunakan pada saat pertama kali sistem operasi digunakan oleh user ,  




1. cari gambar berformat JPG ...
2. buka notepad tulis ini : makecab BLISS.JPG BLISS_JP
3. save as pilih ALL TYPE lalu name nya : ubah.bat
4. double click format cmd yang muncul..
5. bila benar file baru muncul, bila salah pasti anda yang salah tulis.. hihihi ^_^
6. copas ke folder i386 nya


4. Next Step Menggunakan NLite


1. Klik Lanjut
2. Klik Button “Browse” untuk menentukan lokasi dimana master windows yang akan kita remaster-kan.
3. Setelah itu akan terlihat apa nama produk, versi, bahasa dan ukuran dari windows yang akan kita remaster-kan. Setelah itu klik button “Lanjut”


4. Setelah itu akan keluar tampilan Preset, yang berfungsi menggunakan settingan remastering sebelumnya. Pada simulasi kali ini, saya asumsikan kita belum pernah melakukan proses remastering sebelumnya, jadi tidak ada settingan yang tersimpan. Sehingga jika muncul tampilan seperti di bawah ini, langsung aja klik Button “Lanjut”


5. Setelah itu akan keluar tampilan seperti di bawah ini, yaitu opsi apakah ingin melakukan integrasi, menghapus komponen, mengatur konfigurasi setup, dan opsi membuat bootable ISO. Pada simulasi kali ini, saya memilih semua opsi, KECUALI integrasi. Karena fokus kita kali ini adalah bukan menambahkan/menyisipkan, melainkan melakukan penghapusan komponen dan melakukan konfigurasi. Setelah opsi dipilih, klik button “Lanjut”


6. Akan keluar tampilan seperti di bawah ini, untuk tampilan window kompatibilitas, kita bisa mengabaikannya dengan mengklik tombol “Batal” pada window kompatibilitas. Adapun maksud dari window kompatibilitas ini bisa kita lihat dari capture gambar di bawah ini.







Untuk Opsi Bahasa (untuk opsi bahasa ini saya men-checklist semuanya):
.8 Selesai sudah tahap pembuangan/penghapusan komponen. Klik Tombol Lanjut.Kita akan dihadapkan dengan opsi Unattended, yang baerarti di sini kita bisa menanamkan serial number, dan konfigurasi-konfigrasi lainnya(seperti user, networking, timezone, Desktop, dan lain-lain) sehingga windows hasil remastering ini nantinya tidak meminta serial number dan konfigurasi-konfigurasi lainnya ketika diinstall, karena semuanya sudah kita embedded-kan.


 9. Setelah melakukan konfigurasi unattended sesuai dengan keinginan kita, lalu klik button “Lanjut” sehingga akan keluar tampilan seperti di bawah ini. Lakukanlah pemilihan opsi dan settingan sesuai dengan kebutuhan Anda. . Klik button “Lanjut” , kemudian akan keluar tampilan seperti di bawah ini, yaitu opsi Tweaks yang berfungsi untuk melakukan penanaman settingan registry dan aneka service yang akan distartup, sebagai contoh kita mensetting agar key CTRL+ALT+DEL tidak bisa dieksekusi sewaktu proses masuk dan settingan lainnya.





10. Setelah Opsi Tweaks ini selesai kita konfigurasi, klik-lah button “Lanjut” untuk memproses windows yang kita remastering-kan tadi menjadi files installasi.  Setelah pemrosesan selesai, dimana ilustrasinya kurang lebih seperti gambar di bawah ini. Dapat kita amati bahwa file installer windows XP SP2 hasil remastering kita sekarang HANYA berukuran 170,91 MB. Coba bayangin yang mana ukuran file installer aslinya adalah 574,20 MB berkurang secara drastis menjadi 170,91 MB. Kecil sekali bukan, yang mana berarti kita telah membuang 403,29 MB komponen dan service yang tidak kita perlukan yang hanya menghabisin space dan memory PC kita.
11. Klik-lah button “Lanjut”. Telah selesailah tahap pemrosesan ke bentuk files installasi. Sekarang kita akan membuat image dari files installer hasil remastering tadi. Yeah, kita akan membuat ISO bootable dari installer hasil remastering tadi. Lakukanlah perubahan seperlunya, seperti Label dan lain-lain. Kemudian klik-lah button Buat ISO untuk memulai proses pembuatan ISO file installer windows SP2 hasil remastering yang telah kita lakukan. Perhatikan gambar di bawah ini:


Bila sudah dibuat iso... Cek dulu bisa berjalan apa tidak, cek pakai Virtual Box, jangan se windows nya di Install, hhehe :p

MENAMBAHKAN APLIKASI MENGGUNAKAN WUCD
6        Selanjutnya kita beranjak ke penambahan software yang kita butuh kan agar setelah windows xp hasil remastering tadi kita tidak mengistallkan lagi software yang kita butuhkan di xp kita pada saat xp telah runing.
1.      Buka aplikasi WUCD yang telah terinstall  klik select dan cari dimana anda menyimpan mentahan xp anda yang akan ditambahkan softwaresetelah ketemu klik OK.


1.              Setelah itu pilih select target directory dan cari dimana tempat anda akan menyimpan hasil mentahan xp melalui wucd setelah itu pilih OK.




setelah itu pilih software dan ketikan nama software di software description yang  akan masukan kedalam installer xp anda pilih file only jika software berbentuk file dan pilih directories jika software anda berbentuk directories lalu pilih add.

a.          Setelah nama software muncul di kotak in this order the programs are installed klik nama software yang telah muncul dikotak itu lalu pilih select,setela itu pilih add,untuk software yang memerlukan serial number padasaat pilih select akan muncun dimana letak software yang akan kita tambahkan tadi sebaiknya sengan cara yang sama saat memasukan software tadi masukan terlebih dahulu serial numbernya lalu masukan setup nya atau installernya.


1.      Setelah semua software yang kita butuhkan dimasukan melalui aplikasu wucd seperti langgkan diatas tibasaatnya ke finishing setelah tadi kita beres di pilihan software selanjutnya kita pilid Done untuk mengahiri proses di aplikasi Wucd setelah itu pilid Save dan Creat ISO image,pilih dimana anda akan menyimpan hasil ISO/Istaller  Xp anda yang telah anda tambahkan software yang ada perlukan tadi tunggu beberapa saat dan jadilah Xp dengan berbagai fasilitas dan tampilan sesuai keinginan anda 



setelah semua software telah dimasukan , maka selanjutnya adalah membuat iso , tunggu samapai pembuatan iso selesai , setelah selesai burning ke cd / dvd dengan software kesayangan anda..

Untuk yang masih lum mudeng bisa comment ^_^..
Untuk Screen Shot hasil remastering'an saya, hasil nya agak modar tapi ya gitudah.. Hehehe.... $_$"

Sumber Tutorial : 
- http://asenderiana.blogspot.com/2011/01/tutorial-lengkap-remastering-windows-xp.html

Moga berhasil ya kawan buat windows sendiri.. hehehe












Members